DIKLAT KEWIDYAISWARAAN SUBSTANSI DIKLATPIM TINGKAT III


Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis Diklat PNS. Salah satu jenis Diklat yang diperlukan dalam pembentukan kompetensi PNS untuk jabatan struktural eselon III adalah Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III.

Widyaiswara sebagai salah satu unsur tenaga kediklatan harus mampu menjaga kualitas dalam penguasaan materi dan strategi penyampaian materi kepada peserta Diklat. Untuk meningkatkan kompetensi Widyaiswara dalam penguasaan materi dan penyampaian materi mata Diklat dalam program Diklatpim Tingkat III, maka Widyaiswara perlu mengikuti Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III.

 

Tujuan Kurikuler dan Sasaran

  1. Tujuan Kurikuler

Tujuan Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III adalah untuk membekali Widyaiswara agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kompetensi yang telah dipersyaratkan.

  1. Sasaran

Terwujudnya Widyaiswara yang terampil dan memiliki kompetensi yang dipersyaratkan.

 

Kompetensi Standar

Kompetensi standar Widyaiswara Pengampu Mata Diklat Program Diklatpim Tingkat III adalah mampu mewujudkan proses pembelajaran mata Diklat yang diampu, yang diindikasikan dengan kemampuannya dalam:

  • Menjelaskan keterkaitan mata Diklat yang diampu dengan tujuan kurikuler program Diklatpim;
  • Menguasai substansi mata Diklat yang diampu secara konseptual dan ilmiah;
  • Mentransfer modul mata Diklat yang diampu dan pengembangannya;
  • Merancang Rencana Pembelajaran mata Diklat yang diampu;
  • Merancang bahan Diklat substansi mata Diklat yang diampu;
  • Mengelola proses pembelajaran secara andragogis;
  • Mengobservasi proses pembelajaran;
  • Merancang evaluasi mata Diklat yang diampu.

 

Jenis Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III

Sesuai dengan Struktur Kurikulum Diklatpim Tingkat III dan mata Diklat yang harus didalami maka Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III dikelompokkan ke dalam 6 (enam) jenis Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III yaitu:

1. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III Rumpun Kajian Sikap dan Perilaku

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan sikap dan perilaku kepemimpinan yang sesuai dengan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • Kepemimpinan di Alam Terbuka;
    • Pengembangan Potensi Diri;
    • Kepemimpinan Dalam Organisasi;
    • Kepemimpinan dalam Keragaman Budaya.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata Diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan sikap dan perilaku.

 

2. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III Rumpun Kajian Manajemen Publik I

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah, dan lembaga dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • Analisis Kebijakan Publik;
    • Hukum Administrasi Negara;
    • Membangun Kepemerintahan yang Baik.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata Diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah dan lembaga dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

 

3. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III Rumpun Kajian Manajemen Publik II

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah dan lembaga dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima;
    • Teknik-teknik Analisis Manajemen;
    • AKIP dan Pengukuran Kinerja;
    • Pemberdayaan SDM.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata Diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah dan lembaga dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

 

4. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III Rumpun Kajian Manajemen Publik III

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah dan lembaga denganmemperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • Telahaan Staf Paripurna;
    • Negosiasi, Kolaborasi dan Jejaring Kerja;
    • Teknologi Informasi dalam Pemerintahan

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata Diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah dan lembaga dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

 

5. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III Rumpun Kajian Pembangunan

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan teori dan indikator-indikator pembangunan, serta pemecahan permasalahan kebijakan, utamanya yang terkait dengan bidang tugasnya.

  • Mata Diklat
    • Teori dan Indikator Pembangunan;
    • Pembangunan Daerah, Sektor dan Nasional;
    • Sistem Pengelolaan Pembangunan;
    • Muatan Teknis Substantif Lembaga.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata Diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan teori dan indikator-indikator pembangunan, serta pemecahan permasalahan kebijakan, utamanya yang terkait dengan bidang tugasnya.

 

6. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat III Rumpun Aktualisasi

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan isu-isu aktual, dan penerapan materi Diklatpim Tingkat III.

  • Mata Diklat
    • Isu Aktual Sesuai Tema;
    • Observasi Lapangan;
    • Kertas Kerja Perorangan;
    • Kertas Kerja Kelompok dan Kertas Kerja Angkatan.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata Diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan isu-isu aktual, dan penerapan materi Diklatpim Tingkat III.

 

 

DIKLAT KEWIDYAISWARAAN SUBSTANSI DIKLATPIM TINGKAT IV

Untuk meningkatkan kompetensi Widyaiswara dalam penguasaan materi dan penyampaian materi mata diklat dalam program Diklatpim Tingkat IV, maka Widyaiswara perlu mengikuti Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV.

 

Tujuan Kurikuler dan Sasaran

  1. Tujuan Kurikuler

Tujuan Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV adalah untuk membekali Widyaiswara agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kompetensi yang telah dipersyaratkan.

  1. Sasaran

Terwujudnya Widyaiswara yang terampil dan memiliki kompetensi yang dipersyaratkan.

 

Kompetensi Standar

Kompetensi standar Widyaiswara Pengampu Mata Diklat Program Diklatpim Tingkat IV adalah mampu mewujudkan proses pembelajaran mata diklat yang diampu, yang diindikasikan dengan kemampuannya dalam:

  • Menjelaskan keterkaitan mata Diklat yang diampu dengan tujuan kurikuler program Diklatpim;
  • Menguasai substansi mata Diklat yang diampu secara konseptual dan ilmiah;
  • Mentransfer modul mata Diklat yang diampu dan pengembangannya;
  • Merancang Rencana Pembelajaran mata diklat yang diampu;
  • Merancang bahan diklat substansi mata Diklat yang diampu;
  • Mengelola proses pembelajaran secara andragogis;
  • Mengobservasi proses pembelajaran;
  • Merancang evaluasi mata diklat yang diampu.

 

Jenis Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV

Sesuai dengan Struktur Kurikulum Diklatpim Tingkat IV dan mata diklat yang harus didalami maka Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV dikelompokkan ke dalam 6 (enam) jenis Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV yaitu:

1. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV Rumpun Kajian Sikap dan Perilaku

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan sikap dan perilaku kepemimpinan yang sesuai dengan lingkungan internal dan eksternal

  • Mata Diklat
    • Kepemimpinan di Alam Terbuka;
    • Kecerdasan Emosional;
    • Pengenalan dan Pengukuran Potensi Diri;
    • Etika Kepemimpinan Aparatur.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan sikap dan perilaku.

 

2. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV Rumpun Kajian Manajemen Publik I

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • SANRI;
    • Dasar-dasar Administrasi Publik;
    • Dasar-dasar Kepemerintahan yang Baik.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

 

3. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV Rumpun Kajian Manajemen Publik II

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • Operasionalisasi Pelayanan Prima;
    • Manajemen SDM, Keuangan dan Materiil;
    • Koordinasi dan Hubungan Kerja;
    • Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

 

4. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV Rumpun Kajian Manajemen Publik III

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

  • Mata Diklat
    • Teknik Komunikasi dan Presentasi yang Efektif;
    • Pola Kerja Terpadu (PKT);
    • Pengelolaan Informasi dan Teknik Pelaporan.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal.

 

5. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV Rumpun Kajian Pembangunan

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan pemahaman permasalahan, kebijakan, dan indikator pembangunan daerah, sektor dan nasional yang terkait dengan tugas instansinya.

  • Mata Diklat
    • Konsep dan Indikator Pembangunan;
    • Otonomi dan Pembangunan Daerah;
    • Kebijakan dan Program Pembangunan Nasional;
    • Muatan Teknis Substantif Lembaga.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan pemahaman permasalahan, kebijakan, dan indikator pembangunan daerah, sektor dan nasional yang terkait dengan tugas instansinya.

 

6. Diklat Kewidyaiswaraan Substansi Diklatpim Tingkat IV Rumpun Aktualisasi

  • Deskripsi

Diklat ini dimaksudkan membekali Widyaiswara mampu mewujudkan proses pembelajaran agar peserta dapat memiliki dan mengembangkan isu-isu aktual, dan penerapan materi Diklatpim Tingkat IV.

  • Mata Diklat
    • Isu Aktual Sesuai Tema;
    • Observasi Lapangan;
    • Kertas Kerja Perorangan;
    • Kertas Kerja Kelompok dan Kertas Kerja Angkatan.

  • Hasil Belajar

Mampu menguasai substansi mata diklat dan pengembangannya serta menerapkan kiat-kiat pembelajaran secara efektif sehingga peserta dapat memiliki dan mengembangkan isu-isu aktual, dan penerapan materi Diklatpim Tingkat IV.

 

 
Webmail
Contact Us
Direktorat Pembinaan Widyaiswara LAN © 2009 - 2012