PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA (PERMENPAN) NOMOR 14 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL WIDYAISWARA DAN ANGKA KREDITNYA

 
 
Setelah cukup lama ditunggu oleh banyak pihak, khususnya Widyaiswara, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PERMENPAN) Nomor 14 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya akhirnya ditandatangani oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada tanggal 25 September 2009.

Perubahan PERMENPAN tersebut tentunya dilandasi oleh suatu kajian yang mendalam mengenai pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan peraturan tersebut di lapangan yang dilakukan oleh LAN sebagai instansi pembina jabatan fungsional Widyaiswara.


Berdasarkan hasil kajian dan memperhatikan kelemahan-kelemahan dari pasal-pasal dalam Peraturan MENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005 ditemui sejumlah permasalahan sebagai berikut:

  1. Hal yang paling mendasar adalah belum diaturnya ketentuan mengenai Kompetensi Widyaiswara dan  Spesialisasi Widyaiswara, padahal kedua ketentuan  ini merupakan hal yang paling mendasar dalam pengembangan karir Widyaiswara.
  2. Ketentuan mengenai Diklat Teknis belum tercantum secara jelas dalam Peraturan MENPAN dimaksud, sehingga menghambat Widyaiswara dalam pengembangan kompetensi teknis atau spesialisasinya dan perolehan angka kredit Widyaiswara secara proporsional.
  3. Penjenjangan kegiatan yang ditetapkan dalam Peraturan MENPAN adalah kendala utama dalam pengumpulan angka kredit Widyaiswara.
  4. Terungkap suatu realitas yang mengindikasikan belum mampunya  peraturan tersebut mengakomodir secara proporsional hak dan kewajiban Widyaiswara.
  5. Ketentuan yang terdapat dalam Peraturan MENPAN dimaksud masih belum jelas, sehingga menimbulkan munculnya multi persepsi yang berujung pada tidak seragamnya penerapan peraturan.

Menyikapi perkembangan yang terjadi di lapangan, LAN melakukan pembahasan dengan pihak-pihak MENPAN, dan BKN guna merumuskan perubahan PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005 tersebut. Namun demikian, ternyata perubahan tersebut bukanlah suatu hal yang sederhana. Setelah dilakukan pembahasan selama kurang lebih dua tahun, akhirnya disepakati payung kebijakan sebagai pengganti PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005.


Beberapa perubahan pokok yang terdapat dalam PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2009 dibandingkan dengan PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005 antara lain sebagai berikut:
 
 

Substansi Perubahan

PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005  Tahun 2005

PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2009

Definisi Lembaga Diklat

 

Sebagai pengelola diklat

Disamping sebagai pengelola diklat juga sebagai pengembangan SDM

Standar Kompetensi Widyaiswara

Belum diatur

Diatur mengenai Standar Kompetensi Widyaiswara yang meliputi:

  1. Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran;
  2. Kompetensi Kepribadian;
  3. Kompetensi Sosial; dan
  4. Kompetensi Substansi

Ruang Lingkup Tugas Widyaiswara

 

Mendidik, mengajar dan melatih PNS

Diubah menjadi melakukan tugas mendidik, mengajar dan melatih PNS dan Non-PNS sepanjang menjadi tupoksi lembaga diklat yang bersangkutan

Penjenjangan Diklat dan Sertifikasi

 

Widyaiswara bertugas mendidik, mengajar, dan melatih pada jenjang diklat sesuai dengan jenjang jabatannya

Widyaiswara bertugas mendidik, mengajar dan melatih sesuai dengan kompetensinya yang dibuktikan dengan sertifikasi

Batas Usia Pengangkatan Pertama dalam Jabatan Widyaiswara

 

Batas usia paling tinggi pada saat SK Pengangkatan diterbitkan adalah 50 tahun

Untuk memenuhi formasi Widyaiswara Diklatpim Tk I dan II diperbolehkan di atas 50 tahun dengan syarat memenuhi formasi yang ditetapkan dan lulus uji kompetensi

Pemeliharaan dalam Jabatan

Tidak diatur

Bagi Widyaiswara Madya IV/c yang tidak tersedia formasi pada jenjang Widyaiswara Utama, maka diberikan tugas mengumpulkan angka kredit 20 setiap tahunnya sebagai angka kredit pemeliharaan

Kewajiban mengikuti Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang

Tidak diatur

Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang menjadi salah satu syarat kenaikan jabatan widyaiswara

Untuk mengunduh (download) PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya silakan ke halaman Pedoman & Peraturan

Webmail
Contact Us
Direktorat Pembinaan Widyaiswara LAN © 2009 - 2011